Program Indonesia Pintar (PIP) dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal Dan Non Formal. Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Untuk Dapat Melakukan Percepatan Penyaluran PIP Maka Pihak Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Telah Membuat Sistem Digital Maka Sekolah Bisa Langsung Mengunduh/Memvalidasi Data Peserta Didiknya Secara Mandiri, yang dapat di akses melalui Link ( Silakan Klik Disini ) Kemudian Klik Pojok Kanan Atas ” LOGIN MANAJEMEN ” Dan tunggu beberapa saat sampai muncul gambar seperti dibawah ini :

 

 

Setelah Muncul Silakan Pilih ” TIPE LOGIN ” gunakan login Operator Sekolah

Silakan Masukkan Username Dapodik Dan Password Dapodik serta NPSN sekolah dan Login, Akan tampil Halaman Seperti ini

 

 

Setelah tampil sekolah bisa menggunakan fitur-fitur yang telah di sediakan, contoh untuk mengunduh peserta didik yang telah di SK kan sebagai penerima dana PIP, Sekolah bisa mengklik fitur ” DOWNLOAD DATA ” maka siswa keseluruhan akan dapat di unduh baik yang sudah mencairkan dana PIP maupun yang belum. Terima Kasih